S' L @ m @ t ^ ~ ^ D @ t @ n g

zwani.com myspace graphic comments

Wednesday 15 July 2009

KETIKA HAK KULI TINTA DI PERTANYAKAN??


Kebebasan pers masih terus dipertanyakan. Berbagai peristiwa dan kejadian membungkam para kuli tinta untuk tidak melakukan apa yang seharusnya dilakukan. Bukan hanya didunia warta berita majalah, tabloid dan surat kabar tapi kini mulai merambah dunia maya dengan penutupan dan filter plus blocking website dan blog di mana-mana. Hanya dengan satu alasan, “ yang di beritakan tidak sesuai dengan keinginan”. Kenyataan tetaplah kenyataan, walaupun terkadang insan pers juga menyalah gunakan hal ini dengan mengada-adakan berita yang tidak ada, tapi masih banyak kenyataan yang diungkap secara fakta tapi juga di bungkam paksa.

Pemberitaan Uighur turki timur sebagai bagian daerah yang bermayoritas Islam di kawasan china, juga melanda hal ini. Penderitaan muslim disana tidak terdengar dan terbaca oleh kita karena ribuan website, blog dunia maya di tutup untuk membendung pemberitaan ini di luar cina.


Tidak terkecuali syahidah hijab yang kasusnya terungkap setelah di bongkar oleh keluarga marwah, yang awalnya juga di tutup-tutupi oleh Negara jerman.
Dan kini, kemelut ini terjangkit juga dinegara Saudi Arabia. 400 ribu website ditutup karena menyinggung kebijaksanaan tahta kerajaan. Untuk berbicara sudah sangat susah, dan kini untuk menulis apa yang tidak terucapkan lebih susah lagi, lantas bagaimana mengungkapkan ekspresi kehidupan masyarakat di bawah tatanan penyekapan hak termasuk menulis. Bahkan kini beredar isu bahwa, di Negara ini telah keluar fatwa untuk memberikan hukuman cambuk dan hukuman mati bagi yang menulis dan menentang peraturan kerajaan. Wallahu’alam apakah peraturan di bentuk untuk kesejahteraan masyarakat atau untuk melanggengkan penguasa??

Menurut anda bagaimana??.



0 comments:

Post a Comment