S' L @ m @ t ^ ~ ^ D @ t @ n g

zwani.com myspace graphic comments

Friday 3 April 2009

KELEBIHAN SISTEM ISYARAH DALAM PENGHAFALAN untuk anak-anak


System isyarat dalam pengenalan Alquran bagi anak di usia 7 tahun ke bawah ( Pra Sekolah ), telah di praktekkan penggunaanya oleh beberapa sekolah khusus penghafalan Al-quran di Iran diantaranya Madrasah Tab’ Tabai, yang berada di kota qum, madrasah Al-Quran fadaq sabzi masyhad dan madrasah Al-Kautsar Tehran. Kegiatan ini berlangsung secara terus menerus, hingga pada akhirnya dapat menghasilkan anak-anak yang mampu menghafal Al-Quran di usia dini. Keberhasilan ini, semakin di tumbuh kembangkan di negara tersebut, mengingat besarnya perhatian mereka akan Al-Quran, dan kelebihan yang banyak di dapatkan dari penghafalan Al-Quran dengan system isyarat. Kelebihan yang di miliki oleh system ini diantaranya:


A. System penghafalan Al-Quran yang selama ini di gunakan bagi anak-anak, hanyalah mengandalkan indra pendengaran saja. Dalam system ini, anak-anak di perdengarkan Al-Quran baik melalui Tape recorder ataupun dari Murabbi ( Pembimbing ), secara berulang kali. sehingga dengan kegiatan mengulang ayat berkali kali, anak-anak mampu menghafalkan ayat-ayat tersebut.
Dalam system Isyarat, anak-anak tidak hanya menghafalkan Al-Quran dan mengenalnya dari mendengarkan saja, tapi mereka juga dapat mengandalkan indra penglihatan, serta tangan dan mimik muka untuk lebih membantu kekuatan memorinya dalam mengingat ayat yang di hafalkan. Kerjasama yang baik antara dua indra ( Penglihatan dan pendengaran ) dalam satu waktu pembelajaran Al-Quran cukup memberikan hasil yang signifikan. Dengan mendengarkan kalimat Al-Quran, di ikuti dengan isyarat yang dapat di lihat oleh mata, menjadikan anak dengan cepat menghafalkan al-Quran dengan baik. Karena apabila ia lupa dengan ayat Al-Quran yang telah di hafalkannya, maka dengan bantuan isyarat anak kembali mengingat apa yang telah di hafalkan.
B. Membantu Murabi ( Pembimbing ), dalam mengingatkan hafalan yang di lupakan oleh anak yang di bimbingnya, tampa harus mengucapkan atau melafadzkan ayat tersebut. Sehingga cukup dengan isyarat saja, anak akan berusaha mengingat ayat yang di lupakannya dan kemudian melafadzkannya.
C. Menggunakan tangan dan mimik muka dalam system ini, juga merupakan pengembangan motorik kasar dan motorik halus usia balita ,juga dapat menstimulasi dengan cepat pengembangan otak anak sehingga menunjang segala aktifitas yang di lakukan kelak.
D. Kelebihan yang paling besar dari pada system isyarat ini, adalah anak dapat menghafal Al-Quran dengan cepat dan mudah beserta arti dan makna yang terkandung di dalamnya. Bahkan anak usia Pra sekolah yang belum mengenal huruf Hijai'yah, belum bisa menulis dan membaca, dengan mudah mampu menghafal Al-Quran.

وَلَقَدْ يَسَّرْنَا الْقُرْءَانَ لِلذّ‌ِكْرِ فَهَلْ مِن مُدَّكِرٍ (القمر-17)
Artinya : “Dan sesungguhnya telah kami mudahkan Al-Quran untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran.


6 comments:

  1. salam silaturrahmi..mbak gimana cara isyarahnya??, soalnya ini cara yang baru bagi saya, yang membina anak2 usia TPA. sapa tau bisa di praktekkan sehingga memajukan penghafalan Al-Quran anak2 Indonesia. minta saran dan di terangkan. ma kasih yah mba'

    ReplyDelete
  2. salam balik..sistem isyarah disini dengan menggunakan gerakan isyarah tangan. sebenarnya memiliki daurah atau semacam training dalam pengenalannya. Insyallah minta doanya agar suatu saat kita bisa ngadakan training untuk lebih memudahkan mengajar Al-Quran dan menghafalnya..

    ReplyDelete
  3. smoga cepat diadakan yah mbak!!..

    ReplyDelete
  4. sperti apa yah isyarah quran'x?

    ReplyDelete
  5. assalam, ana azhim, kayaknya metode itu bagus dikembangkan di daerah tuju-tuju, kira-kira berapa lama waktu yang digunakan untuk bisa menguasai metode tersebut, ustadzah ???

    ReplyDelete
  6. metode ini sebenarnya perlu menganalisa gerakan isyarahnya lagi, yang sesuai dengan anak-anak indonesia. Insyallah smoga Darul Huffadh Tuju-Tuju bisa jadi percontohan kita nanti Amiennn..

    ReplyDelete