S' L @ m @ t ^ ~ ^ D @ t @ n g

zwani.com myspace graphic comments

Monday 29 March 2010

KENAPA MENGHAFAL AL-QURAN…?. ( 1 )


Inilah ka
limat pertama kali yang di tanyakan oleh anak kita, saat kita mengutarakan keinginan, agar ia mau menghafal Al-Quran. Tentunya sebagai sesuatu yang sangat positif, kita pun harus memberikan jawaban yang tepat dan diterima bagi mereka. Sehingga dengan jawaban tersebut, anak-anak akan merasa termotivasi dan sungguh-sungguh dalam melakukan aktifitas penghafalan tersebut.
Kalaupun pertanyaan diatas belum ditanyakan saat ini, maka suatu hari nanti ia akan menanyakannya. Jawaban yang benar, akan memberikan semangat yang lebih dalam menekuni Al-Quran. Maka apakah jawaban yang tepat untuk ini…?.
a). Katakan kepada anak kita bahwa, Nabi Muhammad SAWW, adalah orang yang pertama kali menghafalkan Al-Quran. Beliau adalah teladan kita. Alangkah indahnya, seandainya kita dapat mengikuti jejak beliau, diantaranya menghafal kalimat Allah. Sertakan juga cerita-cerita tentang Nabi Muhammad dengan segala kebaikannya. Allah SWT berfirman:

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ اُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَن كَانَ يَرْجُوا اللَّهَ وَالْيَوْمَ الأَخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيراً (الاحزاب 21)

Artinya : “Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu teladan yang baik bagimu, (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat)Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah”.

b). Bacakan hadits-hadits, beserta artinya mengenai pahala orang-orang yang menghafal Al-Qur`an, layaknya bacaan pengantar tidur. Sehingga anak akan senantiasa merasa, bahwa apa yang di lakukannya sangatlah bermakna.
Adapun diantara hadits-hadits tersebut :

قال رسول الله7:
لا يعذب الله قلبا وعى القرآن. (بحارالانوار ج89 ص177)

Artinya : “Allah tidak akan mengazab hati yang menghafalkan Al-Qur`an”. (Bersambung...)


0 comments:

Post a Comment